17 Guru SMK Teknik PAL Resmi Jadi Asesor Kompetensi

Pada 2030-2040, Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (64 tahun). Pada periode tersebut, penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64% dari total jumlah penduduk (diproyeksikan sebesar 297juta jiwa). Beberapa PR yang harus diselesaikan, menurut Institute for Management Development (IMD) World Competitiveness Ranking 2020 : Daya saing tenaga kerja Indonesia urutan 32 dari 63 negara yang disurvei, Lembaga Pendidikan vokasi belum mampu menghasilkan lulusan untuk memenuhi pekerjaan berketerampilan tinggi, Pengembangan bidang keahlian di Lembaga pendidikan vokasi belum sejalan maksimal dengan kebutuhan industry dan belum merespons kebutuhan pasar. Tuntutan persyaratan kompetensi saat ini yang paling paling banyak dibutuhkan di bidang jasa yang dapat diperdagangkan yaitu Jasa bisnis; Jasa distribusi; Jasa komunikasi; Jasa pendidikan; Jasa lingkungan hidup; Jasa keuangan; Jasa konstruksi dan teknik terkait; Jasa kesehatan dan sosial; Jasa rekreasi, kebudayaan, dan olahraga; Jasa pariwisata; Jasa transportasi; dan Jasa lainnya.

Sertifikat kompetensi merupakan produk hukum yang menjadi legitimasi (bukti pengakuan) terhadap capaian kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan tertentu yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang, berbasis pada standar kompetensi yang telah disepakati dan ditetapkan. Sertifikat kompetensi menjadi suatu keniscayaan, Kita selalu di ingatkan bahwa Revolusi Industri 4.0 adalah sebuah silent revolution dan disebut juga Economic Disruption, yang menuntut setiap individu benar benar kompeten dan menguasai teknologi serta memiliki buktikompetensi berupa sertifikat untuk Personal Branding. Dan jangan lupa, Inovasi merupakan bentuk kemampuan adaptasi paling nyata dalam merespons perubahan masa yang penuh ketidakpastian.

Beberapa manfaat  dari sertifikasi  yaitu membantu organisasi/DUDI meyakinkan kepada klien bahwa produk/jasa yang dibuat oleh tenaga yang kompeten dan terpleihara kompetensinya , membantu organisasi/DUDI dalam rekruitmen berbasis kompetensi, sebagai alat penjamin mutu Pendidikan bahwa tujuan pembelajaran telah tercapai, membantu pengemabngan disain instruksional, membantu pengembangan evaluasi pembelajaran, membantu merencanakan jenjang karir dan memberikan personal branding untuk tujuan wirausaha.

BNSP merupakan Lembaga independen yang dibentuk atas amanah UU 13 tahun 2003 dan PP 10 tahun 2018 untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja. BNSP berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Presiden dalam melaksanakan tugas, Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota BNSP wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan transparansi, baik secara internal maupun eksternal. BNSP memberikan lisensi kepada LSP yang memenuhi persyaratan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja.

Asesor Kompetensi adalah seseorang yang mempunyai kompetensi dan mendapatkan penugasan resmi oleh LSP untuk melakukan dan memberikan penilaian dalam uji kompetensi/asesmen yang memerlukan pertimbangan atau pembenaran secara profesional. Asesor Kompetensi harus memahami skema sertifikasi yang relevan LSP harus memantau kinerja dan keandalan para asesor kompetensi dalam melakukan asesmen. Apabila ditemukan kekurangan dari para asesor, LSP segera melakukan tindakan perbaikan Asesor Kompetensi dalam melaksanakan asesmen harus mengikuti skema sertifikasi dan SOP asesmen dari LSP yang menugaskan. Tiga kompetensi utama yang harus dikuasai seorang asesor kompetensi yaitu merencanakan aktifitas, melaksanakan asesmen, dan memberikan kontribusi dalam validasi asesmen.

Selama lima hari penuh mulai 10 – 14 Juli 2023 17 para Guru kejuruan SMK Teknik PAL Surabaya mengikuti pelatihan dan sertifikasi Asesor kompetensi – BNSP bertempat di Pusdiklat PAL Indonesia. Empat hari setelah pendampingan materi oleh master asesor P. Bambang dan P. Edwin, para peserta melaksanakan penyusunan perangkat asesmen, roleplay validasi asesmen dan riil asesmen kompetensi kepada asesi. Hari terakhir kelima dilaksanakan uji kompetensi asesor, usaha keras telah membuahkan hasil dengan sah dinyatakan kompeten sebagai asesor kompetensi.

Eko Agus Triswanto, S.Pd., S. Si. (Kepala SMK Teknik PAL Surabaya) menyampaikan – peningkatan kualitas diberbagai lini terus diupayakan terutama peningkatan kompetensi pendidik, hal ini menjadi prioritas karena guru berperan sangat utama dan penting dalam rangka proses dan optimalisasi layanan pendidikan SMK Teknik PAL Surabaya, harapan akan lulusan berkualitas serta cepat terserap nantinya di dunia usaha & dunia industry (DUDI) sehingga berkontribusi secara aktif langsung dalam mendukung perkembangan bangsa dan negara dapat terwujud.

Sumber : materi kebijakan sistem sertifikasi kompetensi kerja nasional; Kunjung Masehat
#smkteknikpal #smkhebat #smkpk #vokasi #ppdb2024

About Admin

SMK Teknik PAL Surabaya adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah naungan Yayasan Pusdiklat PAL Indonesia, yang keberadaannya langsung terintegrasi dengan dunia industri, khususnya industri perkapalan, yaitu PT. PAL Indonesia (Persero).

Related Articles

Selamat Datang

Selamat datang di website resmi PPDB 2023 SMK Teknik PAL Surabaya. Website ini kami bangun untuk semakin memudahkan lulusan SMP/MTs dalam melakukan pendaftaran dan bergabung sebagai calon peserta didik SMK Teknik PAL Surabaya tahun pembelajaran 2023/2024. Dimana perkembangan teknologi akan terus kami ikuti dengan turut melakukan pengembangan dan perubahan kearah kemajuan di SMK Teknik PAL Surabaya, termasuk sistem PPDB online ini.

INFO SEKOLAH

PENGUNJUNG

  • Pengunjung Hari Ini78
  • Kunjungan Hari Ini86
  • Total Pengunjung22782
  • Total Kunjungan44327
  • Pengunjung Online2