Pertemuan Larasdikdudi Juli 2023 di SMK Teknik PAL Surabaya

Forum Penyelarasan Dunia Pendidikan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri ini lahir dari kepedulian bersama terhadap perlunya peningkatan kerja sama antar lembaga terkait untuk berperan aktif meningkatan daya serap lulusan di dunia kerja. Forum yang selanjutnya disebut sebagai “LARAS DIK DUDI” ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kinerja penyelarasan pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Penyelarasan merupakan peningkatan tingkat pemenuhan kebutuhan/kesempatan kerja (Fullfilment Index) dan peningkatan tingkat keterserapan lulusan di dunia kerja dalam dimensi kuantitas, kualitas, waktu dan tempat (Alignment Index). Secara konsep idealnya berdasarkan dimensi kuantitas, semua lulusan dapat terserap/bekerja di Dunia Usaha dan Dunia Industri. Berdasarkan dimensi kualitas, semua lulusan dapat terserap/bekerja di Dunia Usaha dan Dunia Industri sesuai kompetensi/keahlian yang dimiliki/ditekuni dalam masa Pendidikan. Berdarsarkan dimensi waktu, semua lulusan dapat terserap/bekerja di Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam waktu yang cepat (segera setelah lulus). Berdasarkan dimensi tempat, semua lulusan dapat terserap/bekerja di Dunia Usaha dan Dunia Industri di tempat/wilayah yang sama (tidak perlu keluar wilayah atau mampu memenuhi kebutuhan lokal terlebih dahulu)

Pada hari ini tepatnya Kamis, 27 Juli 2023 SMK Teknik PAL Surabaya didapuk untuk menjadi tempat pertemuan rutin bulanan Forum Larasdikdudi, ada sekitar 78 peserta konfirmasi berpartisipasi dari berbagai institusi pendidikan setingkat SMK, perguruan tinggi, agenda pertemuan Sharing Session Forum Larasdikdudi dengan mengambil tema Urgensi Sertifikasi Kompetensi dalam Berkompetisi Dunia Usaha dan Dunia Industri, beberapa rangkaian acara dalam kegiatan pertemuan antara lain sambutan Kepala SMK Teknik PAL Surabaya (Bpk. Eko Agus Triswanto, S.Pd., S.Si,), Sambutan Ketua Forum Larasdikdudi (diwakili Bpk. Fauzi), Sambutan Kadiv HCM PT PAL Indonesia (Ibu Nurnaningsih), Pemaparan Materi & Sharing session tentang sertifikasi kompetensi (Kepala Pusdiklat PAL Indonesia Bpk. Hery Sunaryo), Sosialisasi JKK dan JKM dari BPJS Ketenagakerjaan (Bpk. Dony Eko Setiawan) Penandatanganan MoU antara Pusdiklat PAL dengan lembaga peserta Tour bengkel SMK Teknik PAL dan Pusdiklat PAL Tour Industri PT PAL Indonesia. Pertemuan ini juga ditanyangkan secara live you tube SMK Teknik PAL Surabaya.

Antusiasme para peserta dalam pertemuan Sharing session cukup menarik dengan beberapa pembahasan pentingnya kompetensi untuk peserta didik dalam berkompetisi di dunia industry sehingga membuka informasi riil kepada pelaksana Pendidikan untuk menyiapkan para anak didiknya kedepan agar dapat menyelaraskan kebutuhan berperan aktif di dunia usaha dan dunia industri, semoga sharing informasi ini dapat bermanfaat untuk semua pihak amiiin.

Sumber : https://larasdikdudi.wordpress.com/
#smkteknikpal #smkhebat #smkpk #vokasi #ppdb2024

About Admin

SMK Teknik PAL Surabaya adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah naungan Yayasan Pusdiklat PAL Indonesia, yang keberadaannya langsung terintegrasi dengan dunia industri, khususnya industri perkapalan, yaitu PT. PAL Indonesia (Persero).

Related Articles

Selamat Datang

Selamat datang di website resmi PPDB 2023 SMK Teknik PAL Surabaya. Website ini kami bangun untuk semakin memudahkan lulusan SMP/MTs dalam melakukan pendaftaran dan bergabung sebagai calon peserta didik SMK Teknik PAL Surabaya tahun pembelajaran 2023/2024. Dimana perkembangan teknologi akan terus kami ikuti dengan turut melakukan pengembangan dan perubahan kearah kemajuan di SMK Teknik PAL Surabaya, termasuk sistem PPDB online ini.

INFO SEKOLAH

PENGUNJUNG

  • Pengunjung Hari Ini148
  • Kunjungan Hari Ini158
  • Total Pengunjung22861
  • Total Kunjungan44408
  • Pengunjung Online1