Perjelas Arah Kompas Calon Lulusan, SMK Teknik PAL Laksanakan Bimbingan Karir Untuk Kelas Akhir

Ujung-Surabaya,_Bertempat di Aula ESQ Gedung HCM PT. PAL Indonesia dan dihadiri oleh Kepala SMK Teknik PAL Surabaya (Eko Agus Triswanto, S.Pd., S.Si), Para Guru Manjemen, tim guru BK/PK serta para Bapak/Ibu Guru pendamping, dilaksanakan Bimbingan karir kepada peserta didik SMK Teknik PAL Surabaya  tingkat akhir yaitu kelas XII dan XIII TOI sebanyak 347 peserta didik pada hari Selasa, 14 November 2023.

Bimbingan karir adalah suatu proses memberikan bantuan kepada seseorang dalam bentuk layanan informasi dan pendekatan agar orang tersebut dapat mengetahui dan memahami bakat kepribadian, kelebihan, dan kekurangan, dunia kerja, serta jenis pekerjaan yang sesuai dengan pribadinya.

Umumnya, bimbingan karir ini diberikan kepada individu yang membutuhkan informasi mengenai dunia kerja. Namun, di SMK Teknik PAL Surabaya layanan bimbingan yang dilaksanakan oleh tim Guru BK juga terkait dengan Wira usaha dan melanjutkan ke perguruan lebih tinggi sesuai dengan potensi lulusan SMK saat ini.

Bimbingan karir di sekolah diberikan sejak siswa masih duduk di kelas X hingga kelas XII. Bimbingan ini meliputi bimbingan dalam memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat siswa, kepribadian, dan tujuan di masa depan yang ingin diraihnya, beberapa manfaat bimbingan antara lain Memahami dinamika dan kebutuhan tenaga kerja, Dapat memilih karir yang tepat, Meningkatkan kepercayaan diri dan wawasan siswa, Mencegah rasa frustasi saat memilih karir, Memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri tutur Bpk. Sholeman (Waka. Bid. BK-PK).

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, bimbingan dilakukan dengan menghadirkan pemateri profesional (Tuti Handayani SH. MH selaku Ka HRD Indobismar), dan para praktisi dibidangnya  (Achmad Zainal . ST  dari PT. Pal Indonesia & Zulfa Fitria Prahayu – Entrepreneur/Wirausahawan) yang juga merupakan alumni dari SMK Teknik PAL Surabaya. Tujuan utama bimbingan karir, yaitu terwujudnya kemandirian siswa dalam pengambilan keputusan karir, serta mampu meraih dan mempertahankan karirnya dalam kehidupan masyarakat bisa tercapai oleh para lulusan nantinya.

 #smkteknikpal #smkhebat #smkpk #vokasi #

About Admin

SMK Teknik PAL Surabaya adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah naungan Yayasan Pusdiklat PAL Indonesia, yang keberadaannya langsung terintegrasi dengan dunia industri, khususnya industri perkapalan, yaitu PT. PAL Indonesia (Persero).

Related Articles

Selamat Datang

Selamat datang di website resmi PPDB 2023 SMK Teknik PAL Surabaya. Website ini kami bangun untuk semakin memudahkan lulusan SMP/MTs dalam melakukan pendaftaran dan bergabung sebagai calon peserta didik SMK Teknik PAL Surabaya tahun pembelajaran 2023/2024. Dimana perkembangan teknologi akan terus kami ikuti dengan turut melakukan pengembangan dan perubahan kearah kemajuan di SMK Teknik PAL Surabaya, termasuk sistem PPDB online ini.

INFO SEKOLAH

PENGUNJUNG

  • Pengunjung Hari Ini259
  • Kunjungan Hari Ini674
  • Total Pengunjung20181
  • Total Kunjungan41514
  • Pengunjung Online1