MPLS SMK TEKNIK PAL SURABAYA TAPEL 2023-2024

Penyelenggaraan pendidikan nasional di Indonesia telah mengalami banyak perubahan, mulai dari paradigma, kurikulum, pelaksanaan pembelajaran termasuk penyelenggaraan Masa Orientasi Siswa (MOS) yang kini dikenal dengan nama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Peserta Didik baru menyatakan bahwa pengenalan lingkungan sekolah dimaksudkan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

MPLS merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh peserta didik baru ketika masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Peserta didik baru tidak hanya dikenalkan dari sisi fisik sekolah, akan tetapi juga pengenalan sekolah yang bersifat non fisik. Penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan. Kegiatan MPLS dilarang mengarah pada perploncoan atau tindakan kekerasan lainnya (bersifat humanis).

Setelah penerimaan peserta didik baru, terlebih dahulu dilakukan kegiatan Pra MPLS yang utama dari kegiatan ini adalah sosialisasi peraturan MPLS,  sosialisasi peraturan MPLS dimaksudkan agar peserta didik dapat memahami dan mengikuti serta mempersiapkan diri dalam menghadapi tugas-tugas yang akan diberikan dengan mekanisme daring. Sosialisasi ini dapat juga diisi dengan penyampaian rencana kegiatan MPLS dari awal hingga evaluasi kegiatan.

Senin, 17 Juli 2023 Total 338 peserta didik baru SMK Teknik PAL Surabaya yang  terdiri dari  76 konstruksi kapal baja, 76 Teknik Pengelasan, 76 Teknik Pemesinan, 72 Teknik Komputer dan Jaringan, dan 38 Teknik Otomasi Industri melaksanakan Pra-MPLS tahun 2023 bertempat di Lapangan upacara, kegiatan Pra MPLS yang utama dari kegiatan ini adalah sosialisasi peraturan MPLS,  Penyampaian Atribut MPLS dan PPDB, Pembentukan Kelompok, Persiapan MPLS, Penyampaian Proyek, Pembagian Kotak Makan &Tumblr, Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat memahami dan mengikuti serta mempersiapkan diri dalam mengikuti program kegiatan dengan baik selama MPLS.

Kegaitan inti MPLS dilaksanakan mulai  Selasa, 18 Juli 2023  s/d Senin, 24 Juli 2023, MPLS nantinya akan diisi berbagai materi dan kegiatan yang sangat bermanfaat namun dikemas dengan nuansa yang sangat menyenangkan dan santai dengan tetap mengedepankan kedisiplinan. Adapun kegiatan tersebut antra alain wawasan Wiyata Mandala, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Be Smart Generations (Generasi Anti Narkoba), Pengenalan Yayasan Pusdiklat PAL, Indonesia sebagai negara maritim yang mandiri, Hak dan Kewajiban Siswa & Tata Tertib, Video Pengenalan Bapak/Ibu Guru, Pengenalan Kurikulum SMK Teknik PAL, Be a Great Student (Motivasi belajar), Pengenalan Program Keahlian & Bengkel, Unjuk kreatifitas Ekskul & Ceremonial, dan Paper Mob.

Dikahir pelaksanaan MPLS dilakukan evaluasi melalui penilaian program atau kegiatan. Penilaian ditujukan untuk mengetahui seberapa jauh perlakuan yang telah diberikan berhasil untuk mengubah perilaku peserta didik. Penilaian menjadi tolok ukur dalam memberikan penghargaan sehingga peserta didik termotivasi dalam melakukan kebaikan dan kegiatan-kegiatan MPLS. Beberapa indikator dan instrument dalam penilaian kegiatan MPLS, seperti: kegiatan spiritual, pengenalan lingkungan sekolah, tata krama, prestasi dan pengembangan bakat minat.

Bismillah semoga dengan perolehan PPDB tahun 2023 ini sejumlah 338 siswa ini dapat menjaga amanah untuk mendampingi dan mendidik dengan baik sesuai dengan harapan dan cita-citanya dan bermanfaat kelak untuk keluarga negara, bangsa dan  agama.

Sumber : Panduan Pelaksanaan MPLS SMK Prov. Jatim Tapel 2023/2024

#smkteknikpal #smkhebat #smkpk #vokasi #ppdb2024

About Admin

SMK Teknik PAL Surabaya adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah naungan Yayasan Pusdiklat PAL Indonesia, yang keberadaannya langsung terintegrasi dengan dunia industri, khususnya industri perkapalan, yaitu PT. PAL Indonesia (Persero).

Related Articles

Selamat Datang

Selamat datang di website resmi PPDB 2023 SMK Teknik PAL Surabaya. Website ini kami bangun untuk semakin memudahkan lulusan SMP/MTs dalam melakukan pendaftaran dan bergabung sebagai calon peserta didik SMK Teknik PAL Surabaya tahun pembelajaran 2023/2024. Dimana perkembangan teknologi akan terus kami ikuti dengan turut melakukan pengembangan dan perubahan kearah kemajuan di SMK Teknik PAL Surabaya, termasuk sistem PPDB online ini.

INFO SEKOLAH

PENGUNJUNG

  • Pengunjung Hari Ini136
  • Kunjungan Hari Ini146
  • Total Pengunjung22840
  • Total Kunjungan44387
  • Pengunjung Online1