Pramuka SMK Teknik PAL Suarabaya Bersumber Daya Manusia Professional dan Proporsional

Sekilas sejarah yang melatarbelakangi Hari Pramuka. Jadi pada 1960, pemerintah Indonesia dan MPRS berupaya untuk membenahi organisasi kepanduan di Indonesia. Kemudian pada 9 Maret 1961, Presiden Soekarno mengumpulkan tokoh-tokoh dari gerakan kepanduan Indonesia, untuk memperbaharui aktivitas organisasi dan melebur seluruh organisasi menjadi satu dengan nama Pramuka. Dalam kesempatan ini, Presiden Soekarno juga membentuk panitia pembentukan gerakan Pramuka yang terdiri dari Sri Sultan Hamengku Buwono XI, Prijono, Aziz Saleh, Muljadi Djojo Martono serta Achmadi. Peristiwa itu kemudian dikenal dengan Hari Tunas Gerakan Pramuka.

Pada 20 Mei 1961, terbit Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka memiliki lambang Tunas Kelapa. Momen itu disebut sebagai Hari Permulaan Tahun Terja. Dua bulan berselang atau 20 Juli 1961, seluruh tokoh-tokoh organisasi kepanduan Indonesia berkumpul di Istana Olahraga Senayan, untuk menyatakan menggabungkan diri dengan organisasi Gerakan Pramuka. Momen itu disebut sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka.

Selanjutnya, Gerakan Pramuka diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat luas melalui sebuah upacara di halaman Istana Negara pada 14 Agustus 1961. Itu ditandai dengan penyerahan Panji Gerakan Pramuka dari Presiden Soekarno kepada Sri Sultan Hamengku Buwono XI, selaku Ketua Pertama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Peristiwa itu diperingati sebagai Hari Pramuka. Hingga saat ini, Gerakan Pramuka menjadi organisasi yang sudah tertanam dalam kegiatan pembelajaran nonformal di Indonesia. Sumber : https://www.detik.com/jatim/berita

SMK Teknik PAL Surabaya merayakan hari lahirnya Gerakan pramuka yang ke-62 hari ini, 14 Agustus 2023 dengan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh peserta didik mulai kelas X, XI, XII dan XIII (TOI). Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah (Eko Agus Triswanto, S.Pd., S.Si), dalam  sambutannya menyampaikan bahwa seyogyanya setiap peserta didik SMk Teknik PAL Surabaya bisa menerapkan nilai-nilai dasa dharma pramuka dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadikan pribadi dan karakter yang professional dan proporsional untuk menjalani kehidupan mendatang dengan berbagai tantangannya.

smkteknikpal #smkhebat #smkpk #vokasi #

About Admin

SMK Teknik PAL Surabaya adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah naungan Yayasan Pusdiklat PAL Indonesia, yang keberadaannya langsung terintegrasi dengan dunia industri, khususnya industri perkapalan, yaitu PT. PAL Indonesia (Persero).

Related Articles

Selamat Datang

Selamat datang di website resmi PPDB 2023 SMK Teknik PAL Surabaya. Website ini kami bangun untuk semakin memudahkan lulusan SMP/MTs dalam melakukan pendaftaran dan bergabung sebagai calon peserta didik SMK Teknik PAL Surabaya tahun pembelajaran 2023/2024. Dimana perkembangan teknologi akan terus kami ikuti dengan turut melakukan pengembangan dan perubahan kearah kemajuan di SMK Teknik PAL Surabaya, termasuk sistem PPDB online ini.

INFO SEKOLAH

PENGUNJUNG

  • Pengunjung Hari Ini148
  • Kunjungan Hari Ini158
  • Total Pengunjung22872
  • Total Kunjungan44420
  • Pengunjung Online2