Super Palvo Next G dan Doa Ibu Sabet 3 Prestasi Sekaligus Nasdarch ITS 2023

Indonesia adalah negara maritim dengan perairan lebih luas dibandingkan dengan daratan, serta memiliki wilayah kepulauan yang tersebar dari sabang sampai merauke. Berdasarkan sumber data dari Indonesiabaik.id pada tahun 2023 luas keseluruhan wilayah indonesia adalah 8,32 juta km2 dengan 62% wilayahnya berupa perairan yakni sebesar 6,32 juta km2. Selain itu Indonesia merupakan salah satu negara dengan garis pantai terpanjang yakni mencapai 81.000 km. Dari data diatas tentu sangat besar potensi ekonomi Indonesia yang dapat ditingkatkan khususnya dari sektor pariwisata. Fasilitas dan alat penghubung setiap wilayah merupakan komponen yang sangat penting. Terlebih dengan kondisi Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau, kapal dirasa transportasi yang paling cocok untuk menghubungkan pulau ke pulau lainya.

Sebagai pelajar dan generasi penerus bangsa SMK Teknik PAL Surabaya berpartisipasi serta  berperan aktif untuk mengembangkan pengetahuan, ide dan gagasan dengan mengikuti “National Desain And Race Competeition (Nasdarc)” tingkat pelajar yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November ( ITS) dengan tema “Ship Inovation to Support Indonesia’s Economic Growht”.  konsep Kapal Yacht Pasopati Luxury Yacht Sebagai Penghubung Banyuwangi dan Benoa Bali untuk mengembangkan pengetahuan, ide dan gagasan untuk dengan tujuan berkontribusi dalam dunia perkapalan di Indonesia.

Yacht inovatif yang dirancang oleh para peserta didik SMK Teknik PAL Surabaya menggunakan energi alternatif untuk menggerakkan yacht agar dapat melaju dengan efisien dan mengurangi emisi berbahaya, serta memanfaatkan energi bersih. Inovasi kapal dengan bahan bakar tenaga surya yang memanfaatkan energi matahari menjadi energi listrik sebagai sumber energi agar dapat menggerakkan motor yang di sebut direct current pada kapal. Selain untuk menggerakkan motor direct current, energi listrik yang dihasilkan dari panel surya dapat memenuhi kebutuhan listrik di kapal yang menggunakan tenaga listrik. Panel surya diletakan diatas atap kapal agar dapat menangkap sinar matahari. Dengan ini, kapal kami memiliki dua sumber energi yang mampu digunakan secara fleksibel, baik energi listrik yang dihasilkan dari panel surya maupun energi dari baterai tutur Danang Kurniawan selaku Guru Pendamping

Dalam kapal kami juga menambahkan Budaya dan kearifan lokal yang ada di Indonesia, kearifan lokal yang kami tambahkan di dalam kapal dengan menggabungkan sebuah ukiran nuansa Bali seperti pola batik atau ukiran kayu tradisional, yang dimasukkan ke dalam elemen desain interior atau eksterior lambung kapal, dengan menggabungkan fasilitas mewah modern dan kearifan lokal Indonesia, desain kapal ini menciptakan nuansa yang unik dan memperkaya warisan dan budaya Indonesia.

Alhamdulillah berkat kerja keras dan dukungan semua pihak tim SMK Teknik PAL Surabaya Kembali berhasil mempertahankan prestasi, 2 tim yang diturunkan yaitu tim super palvo next G dengan kapal Sudarsana meraih juara 3 dan best desain kategori siswa tim Do’a Ibu dengan kapal Pasopati berhasil juara 1 di ajang National Desain And Race Competeition (Nasdarc).

#smkteknikpal #smkhebat #smkpk #vokasi #

About Admin

SMK Teknik PAL Surabaya adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah naungan Yayasan Pusdiklat PAL Indonesia, yang keberadaannya langsung terintegrasi dengan dunia industri, khususnya industri perkapalan, yaitu PT. PAL Indonesia (Persero).

Related Articles

Selamat Datang

Selamat datang di website resmi PPDB 2023 SMK Teknik PAL Surabaya. Website ini kami bangun untuk semakin memudahkan lulusan SMP/MTs dalam melakukan pendaftaran dan bergabung sebagai calon peserta didik SMK Teknik PAL Surabaya tahun pembelajaran 2023/2024. Dimana perkembangan teknologi akan terus kami ikuti dengan turut melakukan pengembangan dan perubahan kearah kemajuan di SMK Teknik PAL Surabaya, termasuk sistem PPDB online ini.

INFO SEKOLAH

PENGUNJUNG

  • Pengunjung Hari Ini148
  • Kunjungan Hari Ini158
  • Total Pengunjung22900
  • Total Kunjungan44451
  • Pengunjung Online1